Review Pertandingan Awal Grup A Euro 2012

Diposkan oleh Admin on Minggu, 10 Juni 2012

Dua pertandingan di Grupa A dan B telah selesai. Ke dua pertandingan tersebut adalah:
  1. Polandia - Yunani, 1-1
  2. Rusia - Republik Ceko, 4-1
Ada yang seri, kalah dan menang. Ada yang menyesal, sedih dan tertawa. Itu semua jamak dalam sebuah pertandingan bola.
Kembai ke pertandingan Euro 2012 Grup A yang telah diselesaikan dengan sukses.. Saya akan mencoba untuk mereviewnya sedikit sesuai kapasitas saya yang hanya sebagai pemain sepak bola waktu SMA dahulu kala.

Polandia yang ditahan imbang satu sama oleh Yunani merupakan tim yang pantas untuk menyesal karena tidak bisa mempertahan kemenangan. Sepenglihatan saya, kesalahan Polandia adalah telalu percaya diri dan tidak bisa menjaga konsentrasi dalam bermain. Beberapa kali saya lihat, pemain-pemain Polandia memainkan bola ala Ronaldo, seperti memutar bola menggunakan kaki kanan ke belakang kaki kiri. Bukannya saya tidak suka. Akan tetapi memainkan bola seperti itu sebaiknya dilakukan jika diperlukan saja. Juga cara seperti itu biasanya hanya dilakukan oleh pemain atau tim yang sedang berada dalam tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Nah kepercayaan diri yang over tentu saja bisa menyebabkan kelengahan. Di lain pihak, Yunani dengan gaya permainan yang mengingatkan saya dengan kesebelasan Jerman tempo doeloe, bak mesin diesel yang makin lama semakin panas dan akhirnya bisa mencuri satu gol untuk menahan imbang tuan rumah. ya, Polandia pantas menyesal untuk itu.

Tidak banyak yang bisa diulas dalam pertandingan Rusia yang berhasil mempecundangi Ceko. Semua sudah tahu jika Rusia terlampau superior. Memang kesebelasan Rusia kali ini merupakan tim Rusia yang paling kuat. Itu bisa dilihat dari rekor bertanding mereka.

Ceko di menit-menit awal mencoba mengurung Rusia melalui penguasaan bola. Akan tetapi kurang meratanya kualitas pemain Ceko di tambah kuatnya lini belakang Rusia membuat serangan tersebut menjadi mentah. Pemain Ceko yang menonjol masih seperti dulu yaitu Rosicky. Sementara penyerang andalan mereka masih Milan Baros yang dari dulu memang kurang menggigit.

Serangan Rusia dengan permainan yang sangat efektif dan kualita pemain yang di atas pemain Ceko sangat merepotkan barisan pertahanan Ceko. Petr Cech yang tampil perkasa di Liga champion pun dibuat tak berdaya oleh bola yang berdesing-desing bak peluru AK-47. Rusia memang pantas menang. :)