Apakah Belanda Akan Pulang Kampung Lebih Awal

Diposting oleh Admin on Rabu, 13 Juni 2012

Pastilah seru pertandingan nanti antara Jerman melawan Belanda. Bagi kesebelasan negara kincir angin, pertandingan nanti adalah partai hidup dan mati. Jika menang peluang untuk lolos ke babak berikutnya akan terbuka lebar dan apabila kalah maka peluang mereka akan menjadi setipis rambut serta terancam pulang pulang kampung lebih awal.

Seperti review saya di pertandingan awal grup A Euro 2012, saya akan coba mengulas Tim Belanda menurut versi saya.
Kalau pola permainan Belanda masih seperti waktu melawan Denmark, saya yakin tim tersebut akan menelan pil pahit untuk kedua kalinya.

Secara kualitas pemain, tidak ada yang kurang dari tim Belanda. Akan tetapi kedewasaan individulah yang harus diperbaiki. Satu pemain Belanda yang kurang saya sukai adalah Arjen Roben. Pemain satu ini menurut saya terlalu egois dan tidak rendah hati. Kedua hal tersebutlah yang membuat permainan bagusnya menjadi tidak baik.

Tim yang memiliki karakter pemain seperti Arjen Roben akan sulit menjadi juara, karena kekurangannya tersebut membuat permainan tim secara keseluruhan tidak hidup dan strategi pelatih tidak jalan.

Seperti waktu Belanda vs Denmark. Anda pasti juga sudah melihatnya, ketika kiper Denmark melakukan kesalahan dengan tidak sengaja mengoper bola ke Roben yang lalu membawa bola tersebut dan merangsek mendekati kotak pinalti untuk kemudian “memaksa” menendang bola di saat di depannya ada kiper Denmark. Apa yang terjadi? Bola pun membentur tiang kanan gawang. Pada saat Arjen R menendang bola, sebenarnya ada dua pemain Belanda yang bediri bebas di sebelah kirinya. Satu adalah Van Persie dan yang seorang lagi saya lupa. Mengapa Arjen Roben tidal mengoper bola tersebut? Terlepas dari itu, saya juga melihat kehebatan Van Persie menjadi tidak terlihat karena fakto Arjen Roben juga.

Masih ingat ketika final Piala Dunia 2010. Saat itu bola yang seharusnya ditendang saja oleh Roben karena sudah memasuki kota pinalti akan tetapi masih digoceknya. Lalu Iker Casillas pun mencomot bola tersebut. Saya sampai tertawa geli dibuatnya.

Kalau saya jadi Pelatih Belanda, saya tidak akan memasang Arjen Roben sebagai starter. Juga saya akan memposisikan Van Persie sebagai mana dia bermain di Arsenal. Dengan begitu, saya harapkan Van Persie menjadi optimal. Kemudian pada menit ke 70 saya akan memainkan Roben sebagai senjata rahasia.